Pemandian Air Panas Gonoharjo Kendal



Wisata Gono Harjo - Kendal, lokasi wisata ini berada di desa Limut Kecamatan Boja - Kabupaten Kendal. Perjalanan menuju Gono Harjo, star dari Semarang bisa ditempuh dalam waktu kira-kira 1 jam perjalanan.
Jika sudah sampai di Cangkiran - perbatasan Semarang - Kab. Kendal. ada dua jalur yang bisa dilalui untuk menuju daerah wisata ini. Pertama, lewat Cangkiran lurus melewati bekas peternakan konon dulunya milik keluarga Pak Suharto (Presiden RI ke 2). Jalur kedua melewati Cangkiran arah Polaman Kecamatan Gunungpati terus belok ke Selatan menuju desa Puguh - Boja.
Memulai masuk dua jalur tersebut, perubahan udara mulai terasa. Udara sejuk akan sangat bisa dirasakan hingga sampai di Gono Harjo. Jalanan yang dilalui relatif berkelok-kelok naik mulai dari Cangkiran sampai lokasi wisata.
Wisata Alam

Gono Harjo, menawarkan wisata pemandangan alam lereng Gunung Ungaran. Selain itu, wisatawan dapat menikmati pemandian air panas, air belerang yang berasal dari perut bumi Gunung Ungaran. Ini sensasi pertama yang bisa dinikmati wisatawan, setelah lelah perjalanan begitu mandi air panas belerang, rasa penat-penat hilang.
Masih dalam kawasan Gono Harjo, tepatnya lokasi wisata Hutan dan Air Terjun yang dikelola oleh Perhutani, wisatawan dapat menjelajahi kawasan Hutan Lereng Gunung Ungaran yang masih lebat dengan berbagai macam tanaman dan pohon-pohon besar. Semakin ke dalam jalanan menajak dan licin, wisatawan akan mendapatkan pemandangan asri air terjun Gono Harjo.
Wisatawan yang memiliki hobi haiking, bisa mengambil rute Gono Harjo - Promasan. Untuk menuju Promasan, akan menempuh jalur perkebunan teh Medini. Sebaiknya, bila belum pernah melalui jalur ini, sebaiknya menggunakan pemandu dari penduduk setempat. Mengingat jalur perkebunan teh ini begitu berliku dan relatif sangat luas.
Dari Promasan - maka puncak Gunung Ungaran tinggal sepenggalah. Pasalnya, Promasan merupakan desa terakhir yang berada tepat di bawah Gunung Ungaran. Di sekitar Promasan ini wisatawan dapat menelusuri goa peninggalan Jepang atau sering disebut gua Jepang.
Bila ingin menikmati sensasi alam pegunungan Ungaran maka, bermalamlah di desa Promasan. Kemudian pada tengah malam sekitar pukul 01.00 WIB dapat memulai pendakian ke puncak Ungaran, tepat menjelang fajar, indahnya panorama ketika matahati terbit, sensasi alam itu akan dapat anda nikmati hingga matahari benar-benar meninggi meninggalkan pagi hari.

1 comments:

Cara Pandang said...

fotonya dikit sekali mas, banyakin agar lebih menarik sehingga lebih banyak yang ingin datang kesana.