Memanfaatkan Read more dari blogger

Sebenarnya ini adalah salah satu fasilitas yang tergolong baru di blogger, biasanya blogger senior menggunakan cara yang manual (mereka itu [blogger senior] orang hebat) dengan menggunakan kode yang ribet. Nah, karena ini adalah fasilitas baru yang sengaja disiapkan, maka kita tidak usah repot membuat read more.

Sudah mengerti yang dimaksud dengan "Read More"? Jika belum, perhatikan contohnya pada gambar di bawah:


Yang dilingkari dengan lingkaran merah, itulah yang dimaksud dengan "read more". Jika kurang jelas, silahkan klik gambarnya. Judul tulisan pada contoh di atas adalah "Suatu Hari dalam Kehidupan Seorang Antropolog". Tulisan tersebut sebenarnya panjang, tapi yang muncul pada halaman utama hanya beberapa kalimat saja kemudian diakhiri dengan tulisan "selengkapnya>>>". Maksudnya, jika tertarik membaca tulisan tersebut, maka pembaca tinggal mengklik tulisan "selengkapnya>>>" tadi.

Tujuan read more itu sendiri adalah untuk memotong atau memenggal tulisan yang panjang pada halaman utama (home) atau ketika label / kategori di klik sehingga yang muncul hanya sedikit saja, yaitu hanya tulisan yang tidak dipenggal. Keuntungannya, pembaca blog kita tidak akan 'puyeng' melihat tulisan yang terlalu panjang, cukup dengan melihat judul kemudian sedikit penjelasan, kalau tertarik pembaca akan mengklik "read more" atau "baca selengkapnya" pada bagian bawah tulisan. Itu yang pertama, yang kedua, kecepatan loading blog kita juga lebih bagus dibanding jika tidak menggunakan fasilitas ini.

Oke, langsugn saja ya,,,
Cara memasang read more di blogger adalah sebagai berikut:
1. Silahkan masuk di blog sobat kemudian buat tulisan baru atau edit tulisan yang akan dipasangi fasilitas read more.
2. Pada kotak penulisan, perhatikan bagian kanan atas, di situ terdapat 2 tulisan atau tombol "edit HTML" dan "Compose". Silahkan klik pada tulisan atau tombol "Compose". Perhatikan gambar berikut:


Keterangan:
1. Klik Compose
2. Klik gambar yang ditunjuk panah 2. Sebelumnya, letakkan kursor tepat berada pada awal tulisan yang hendak kita penggal atau akhir tulisan yang akan kita munculkan. Misalnya, jika yang akan kita munculkan pada halaman utama hanya paragraf I, maka letakkan kursor di bawah paragraf I kemudian klik gambar seperti panah 2 di atas. Bagian mana yang akan kita potong, itu terserah kehendak sobat.


3. Langkah terakhir, tinggal mengklik "Terbitkan Entri".





0 comments: