Cara membuat blogroll yang di scroll

Tips and trick kali ini akan mengulas bagaimana cara meng-hack template blogger terutama pada widget LinkList-nya atau sering kita gunakan sebagai BlogRoll. Bila anda melihat BlogRoll saya yang ada di pojok kanan bawah (di atas widget Followers), nampak ada scrollbar-nya sehingga memudahkan kita melihat semua link tanpa memakan banyak tempat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Login ke Blogger.Com
2. Pada saat di Dashboard pilih menu Layout pada Blog yang ingin dipasangi widget BlogRoll.
3. Bila anda belum mempunyai widget BlogRoll, silahkan ikuti langkah ke-3 ini. Namun bila sudah punya BlogRoll, langsung saja ke langkah 4.
Pilih Page Elements lalu pilih Add Gadget. Lalu click tanda +(plus) di samping tulisan Link List. Isi form-nya dengan mengisi Title (misal: BlogRoll), Number of links to show in list (Biarkan Kosong), Shorting (Terserah anda untuk mengurutkan atau tidak mengurutkan daftar Link anda), New Site URL (masukkan alamat Link blog/situs yang Anda kehendaki), New Site Name (beri nama Link blog/situs yang URL-nya sudah anda masukkan sebelumnya). Lalu click SAVE.
4. Masih di menu Layout, lalu pilih Edit HTML. Lalu beri tanda check/centang pada Expand Widget Templates. Lalu cari Kode berikut ini:

<b:widget id='LinkList1' locked='false' title='BlogRoll' type='LinkList'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'><h2><data:title/></h2></b:if>
<div class='widget-content'>

Lalu letakkan kode berikut di bawah kode di atas:

<div style='width:100%; height:100px; overflow:auto;'>

Cari juga kode berikut:

<ul>
<b:loop values='data:links' var='link'>
<li><a expr:href='data:link.target'><data:link.name/></a></li>
</b:loop>
</ul>

Dan tambahkan kode ini di bawahnya:

</div>

5. Lalu click SAVE TEMPLATE. Jadi deh...:

Bila masih kurang jelas atau ada kesulitan dalam mengaplikasikannya silahkan memberikan komentar di comment form bawah post ini

0 comments: